Minggu, 18 November 2007

Mengapa Semangkuk Bakmie?

Orang kemungkinan besar akan bertanya-tanya, dari begitu banyak pilihan nama yang bisa digunakan, mengapa memilih "Semangkuk Bakmie" sebagai nama blog?

Kami tidak memilih asal nama ini begitu saja. Selayaknya desain dan nama kemasan produk yang selalu memiliki nilai dan tujuan tersendiri, kami pun memiliki latar belakang sejarah dalam menciptakan nama bagi blog kami sebagai berikut :
  • Bakmie adalah makanan yang hampir disukai setiap orang, dengan nilai gizi yang hampir lengkap. Sifatnya universal, bahkan menjadi makanan pokok setelah nasi. Harapan kami adalah agar tiap orang yang membuka blog kami dapat menikmati informasi padat berisi (hampir lengkap) yang telah kami sediakan dengan senang hati tanpa memiliki latar belakang khusus. Jadi, kami berharap tidak hanya anak desain saja yang mampu menikmati dan mencerna informasi yang kami tampilkan, melainkan semua khalayak umum, bahkan orang awam sekalipun.
  • Bakmie masuk ke Indonesia dibawa oleh saudagar-saudagar Cina, walaupun hingga sekarang masih diperdebatkan siapa yang membuat bakmie pertama kalinya (entah orang Italia, Arab, atau Cina). Namun begitu, kuat kemungkinan bakmie pertama kali dibuat oleh orang Cina, karena ditemukannya bakmie tertua di Cina yang berusia 4000 tahun. Bakmie erat kaitannya dengan budaya Cina, namun ketika masuk di Indonesia, telah bercampur dengan citarasa daerah, terutama Jawa. Percampuran citarasa ini kemudian membentuk harmoni tersendiri, hingga para penikmat bakmie tidak bisa lepas darinya. Hal ini bila dikaitkan dengan kemasan tembakau sintren menjadi pas.
  • Seluruh anggota tim yang membuat blog ini memiliki masing-masing karakter yang terdapat pada komponen-komponen pembentuk semangkuk bakmie. Ada yang rambutnya keriting seperti bakmie, ada yang lurus dan tipis seperti sayur, ada yang rambut dan wajahnya bulat seperti mangkok, dan ada pula yang gayanya seperti ayam. Masing-masing memiliki karakter tersendiri yang kemudian menyatu menjadi harmoni yang khas.
Itulah alasan singkat mengapa kami memilih untuk membuat nama semangkuk bakmie. Apabila ada yang kurang berminat atau berkenan, kami mohon maaf, namun tetap nikmatilah blog yang telah kami buat ini, seperti Anda menikmati semangkuk bakmie. Moga-moga rasanya sedap. Terima kasih.

3 komentar:

akhmad fikri af mengatakan...

Halo,

Saya fikri (akhmad fikri), tidak sengaja lihat blog ini. sangat menarik! saya dari kelompok penerbit LKiS (www.lkis.co.id). bagaimana caranya bisa berhubungan dengan anda. saya tertarik dengan tulisan-tulisan di blog ini dan berpikir untuk menerbitkannya. dapatkah kita berkorespondensi melalui email? saya di fikri72@gmail.com. salam hangat, fikri

akhmad fikri af mengatakan...

Salah satu buku yang jadi referensi anda adalah buku yang saya terbitkan: PERSEKUTUAN ANEH....PETER CAREY....saya senang....

akhmad fikri af mengatakan...

sori maksud saya leonard blusse.... buku ini buku lama, saya terbitkan ulang pada tahun 2004...silahkan dibuka www.lkis.co.id....